Cara Memperbaiki Komputer Yang Mati Sendiri

ads
Cara Mrmperbaiki Komputer yang tiba-tiba mati dengan sendirinya | Mungkin Anda pernah mengalami hal yang sama seperti yang pernah saya alami, nah kali ini saya akan menulis artikel tentang komputer yang tiba-tiba mati sendiri, hal yang sangat menjengkelkan memang jika kita sedang mengerjakan tugas sekolah atau sedang bermain games dan tanpa peringatan atau sebab apapun komputer kita mati dengan sendirinya, dan mencoba untuk menghidupkannya kembali eh ternyata hal yang sama terulang kembali, apa penyebab dan jalan keluarnya? Inilah solusinya:



Penyebab dan solusinya bisa salah satu dari kemungkinan di bawah ini:

1. Komputer terlalu panas atau overheat.
2. Masalah kesalahan atau kerusakan hardware.
3. Terinfeksi Virus Komputer.
4. Masalah pada system operasi misalnya windows.
5. Kegagalan lain dari hardware.

Sebuah komputer dapat mematikan dirinya sendiri tanpa peringatan jika telah melebihi panas maksimal yang telah disyaratkan terutama processor. Banyak komputer saat ini dirancang untuk mematikan atau me-reboot secara optomatis jika komputer, processor, atau perangkat lain di komputer Anda terlalu panas. Jika Anda telah mendengar ada suara-suara yang tidak normal dari komputer Anda seperti mendenging tinggi, ini bisa menunjukan kegagalan dalam komputer Anda. Anda dapat memulai dengan memeriksa kipas pada power supply dengan memeriksa bagian belakang komputer mati dan melihat apakah kipas pendingin pada power supply bergerak dengan lancar. Anda bisa juga membuka PC dan pastikan kipas bekerja secara optimal pada kipas processor dan kipas pada casing atau VGA jika menggunakan kipas, kemudial silahkan masuk ke BIOS dan pastikan BIOS tidak melaporkan kesalahan apapun. Perhatikan juga letak dari alumunium pendingin sebab jika posisinya tidak tepat, maka walaupun ada kipas, proses pendingin an akan tetap ada masalah. Pengguna dapat juga menentukan seberapa panas pada komputer dengan onboard sensor termal. Jika komputer Anda dilengkapi dengan sensor ini, pastikan CPU Anda tidak aktif overheat.

Masalah kesalahan/kerusakan hardware. Setiap kegagalan komponen perangkat keras komputer Anda dapat menyebabkan komputer Anda mati sendiri tanpa adanya peringatan. Jika Anda baru menambahkan perangkat keras pada CPU, pastikan itu tidak menyebabkan masalah-masalah bagi komputer Anda. Sebelum mencoba untuk membuka perangkat keras, Pastikan Anda tidak mengalami masalah karena konflik hardware dengan cara melihat Device Manager untuk mengecek kesalahan. Jika kesalahan muncul ketika Anda baru saja memasang perangkat keras baru ke dalam komputer, maka dapat dipastikan perangkat baru inilah penyebabnya, misalnya pada RAM. Jalankan komputer setelah membuka perangkat tadi dan amati apakah masalah Anda selesai atau tidak.

Virus Komputer. Mungkin komputer Anda terinfeksi Virus yang dirancang untuk mematikan komputer Anda. Jika komputer mati sendiri ketika menjalankan program tertentu pada waktu tertentu, misalnya komputer hanya langsung mati jika Anda menjalankan Program Word maka itulah tandanya bahwa program tersebut terserang atau terinfeksi Virus, pastikan Anda melakukan Scan dengan Antivirus versi terbaru.

Masalah Dengan System Operasi. Jika Anda telah mengikuti rekomendasi di atas, komputer Anda msih terus mati dengan sendirinya, kemungkinan Anda mengalami masalah system operasi Microsoft Windows yang sulit dijelaskan. Untuk membantu memastikan bahwa hal ini terjadi, silahkan coba langkah-langkah di bawah ini.
Setelah Anda membuka komputer di CMOS setup, biarkan komputer beberapa saat. Jika komputer tidak mati dalam beberapa waktu artinya dia bisa bertahan jalan pada BIOS maka kemungkinan penyebabnya adalah Microsoft Windows.

Kegagalan Lain dari Hardware. Jika telah menginstall ulang system operasi Anda, atau selama installasi system operasi Anda, kasus yang sama masih terjadi, sangat mungkin bahwa ada kegagalan hardware lainnya di komputer Anda. Sering kali terjadi misalnya RAM, CPU, Motherboard, dan Power Supply.

Jika Anda memiliki persediaan ekstra bagian-bagian ini atau memiliki teman atau rekan kerja dengan konfigurasi yang sama, cobalah bertukar bagian-bagian iniuntuk menentukan masalah Anda. Jika tidak, Anda perlu jasa teknisi yang lebih senior.

Demikianlah Artikel Mengenai Cara Memperbaiki Komputer Yang Mati Sendiri.
Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat para pembaca...
ads

Reading your manga Cara Memperbaiki Komputer Yang Mati Sendiri, If you want to distribute the above article please include source http://tetsu-kun15.blogspot.com/2014/10/cara-memperbaiki-komputer-yang-mati.html, thanks for visit my blog