Cara Memperbaiki Komputer Yang Sering Hang

ads
Mungkin Anda pernah mengalami ketika sedang bekerja dengan komputer Anda, saat Anda membuka folder, dokumen, atau menjalankan apilkasi lainnya seperti games dan sebagainya, dan tanpa disengaja tiba-tiba komputer Anda hang, aplikasi menjadi Not Responding atau menjadi Stuck tidak bisa di apa-apain, hal ini sangatlah menjengkelkan dan membuat Anda setres ketika Anda akan membuat pekerjaan yang sangat penting. Dan disinilah solusinya bagaimana agar komputer Anda bisa bekerja dengan baik dan tidak hang lagi. Seperti gambar di bawah ini.


Hang
Apa bila masih memungkinkan kita bisa menekan tombol kombinasi CTRL+ALT+DEL secara bersamaan untuk membuka jendela Task Manager dan pilih aplikasi yang Not Responding dan menutupnya secara paksa dengan menekan tombol End Task. Namun apabila komputer Anda mengalami hang atau macet total, satu-satunya cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan mereset secara paksa hard reset dengan menekan tombol reset atau restart. Cara mengatasi komputer dengan cara reset atau me-restart komputer tersebut biasanya cukup ampuh untuk mengatasi komputer hang yang disebabkan oleh aplikasi yang stuck, akan tetapi setelah beberapa saat apabila komputer Anda dijalankan kembali dan masih saja hang maka kemungkinan besar beberapa penyebabnya adalah sebagai berikut:

1. Komputer Hang Karena CPU Kepanasan (Overheating)

Sebagian komputer menjadi hang karena system pendingin pada CPU tidak bekerja dengan maksimal. Berikut cara yang Anda bisa lakukan untuk menanggulangi hal ini:

  1. Buka heatsink dan kipas processor secara hati-hati.
  2. Bersihkan sirip kipas pendingin dan fan processor dari debu, kalau fan macet beri minyak pelumas sedikit pada bagian poros kalau perlu ganti fan dengan yang baru.
  3. Bersihkan termal paste yang sudah kering yang menempel pada processor dan heatsink, ganti dan oleskan termal paste yang baru.
  4. Masukan kembali processor, heatsing serta fan kedalam dudukannya secara hati-hati.
  5. Perhatikan posisi heatsink (Logam pendingin) dan kipas processor, pastikan kondisi Heatsing sudah terpasang dengan benar terutama untuk type Heatsing untuk processor socket LGA, perhatikan kondisi tiap-tiap sekrup yang terpasang.
2. Komputer Hang Karena Power Supply Kekurangan daya

Ada kalanya juga komputer yang hang karena disebabkan Power Supply Yang kekurangan daya listrik atau yang sudah rusak, meskipun tidak menyebabkan mati total, kekurangan daya pada Power Supply bisa menyebabkan kinerja komputer melambat bahkan komputer menjadi hang dan beberapa peralatan USB yang tidak terdeteksi atau tidak berfungsi (rusak).
3. Komputer Hang Karena Masalah Pada Harddisk

Ada beberapa masalah pada harddisk yang menyebabkan komputer hang, diantaranya adalah :
  • Kapasitas Harddisk Low Space. Untuk mengatasinya Anda jalankan dulu Disk CleanUp untuk membersihkan Harddisk dari file-file temporary atau file sampah.
  • Data Pada Harddisk Terpragmentasi sehingga perlu di defrag.
  • Harddisk Bad Sector.
4. Komputer Hang Karena OS Yang Rusak

Langkah yang efektif untuk OS rusak atau bermasalah adalah reinstall OS tapi alangkah baiknya bila kita tahu pasti masalah pada OS kita selesaikan permasalahannya tersebut, entah itu masalah crash dengan software atau terinfeksi virus.
5. RAM Yang Bermasalah

Permasalahan RAM sering kali ada pada kaki atau slot tembaga yang kotor, bersihkan kaki tembaga dengan cara digosok menggunakan penghapus pensil supaya kotoran yang menempel bisa hilang.
6. Moterboard Rusak

Untuk motherboard jika sudah banyak komponen yang terbakar lebih baiknya kita ganti motherboard tersebut kerena bila kita ganti dengan part yang dijual di pasaran tidak akan bertahan lama dan juga berdampak buruk pada processor.
7. Debu dan Kotoran
Permasalahan sepele ini sering kita lupakan, sebaiknya kita jadwal maksimal 2 bulan sekali untuk melakukan pembersihan debu dan kotoran di komputer kita, agar performa komputer tidak terlalu menurun.
Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat kalian untuk mengatasi masalah pada komputer yang sering hang.
Terimakasih telah menyempatkan waktu untuk berkunjung ke blog ini,....... ^_^
ads

Reading your manga Cara Memperbaiki Komputer Yang Sering Hang, If you want to distribute the above article please include source http://tetsu-kun15.blogspot.com/2014/10/cara-memperbaiki-komputer-yang-sering.html, thanks for visit my blog